Senin, 03 Agustus 2015

Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari -Kebanyakan pemancing pasti tahu jika ikan Bawal termasuk ikan dengan karakter garang dan sebagai ikan predator. Memiliki gigi yang amat tajam sekaligus juga kuat saat mencabik mangsa. Di habitatnya ikan ini senang hidup berkelompok sama seperti ikan Tawes dan ikan Nila. Ikan Bawal babon dapat mencapai berat hingga 20 kilo. Sensasi mancing ikan Bawal diperoleh ketika ikan ini mulutnya tersangkut kail maka ia akan berusaha melepaskan diri dengan melompat dari dalam air seolah-olah akan terbang. Ikan Bawal gerakannya cukup gesit dan bisa dimasukkan sebagai ikan yang bisa mengingat rasa sakit saat tertancap kail sehingga di kesempatan lain ia akan menghindar jika melihat senar pancing.
tips jitu teknik memancing,umpan mancing ikan bawal harian,

Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Mengenal Ikan Bawal

Ikan Bawal memiliki bentuk tubuh pipih dengan sisik kecil-kecil dan kepala membulat serta lubang hidung agak besar. Ikan bernilai ekonomis tinggi ini sering berada di dasar perairan. Ikan ini memiliki kebiasaan jika sudah cocok dengan suatu lingkungan maka ia akan cenderung kemabli lagi ke situ meski sebelumnya telah menjelajah ke mana-mana. Ikan Bawal dalam hal makanan cenderung bersifat omnivora atau memangsa apa pun dari jenis tumbuhan maupun hewan. Sementara saat ikan masih kecil condong ke sifat karnivora yang senang memburu udang-udang kecil, teritip, lobster, serangga air dan kelompok molusca.

Tempat Mancing Ikan Bawal


Memancing ikan Bawal bisa memilih spot di sungai, maupun waduk dan bisa dilakukan baik di pagi, siang, sore ataupun di malam hari. Untuk umpan mancing ikan Bawal malam hari sebenarnya hampir sama saja dengan mancing di pagi hari. Di malam hari ikan Bawal akan menggunakan indera penciumannya untuk mendeteksi keberadaan umpan. Sehingga lebih jitu jika mancing di malam hari digunakan umpan dengan aroma tajam baik wangi maupun amis. Umpan yang bisa digunakan antara lain potongan tempe mentah, udang atau cacing (saat mancing malam hari gunakan cacing pospor). Bisa juga digunakan umpan racikan sendiri menggunakan bahan pelet ditambah aroma essen beraroma tajam seperti essen Tenggiri, Melon dan Vanilla.

Umpan mancing Bawal malam hari pun bisa menggunakan potongan hati ayam, potongan usus ayam dan anak lebah. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah umpan yang digunakan harus diganti-ganti jika memang memancing di spot yang sama secara berulang-ulang. Ikan Bawal cenderung bisa mendeteksi jika menggunakan umpan yang sama berkali-kali. Pakai kenur yang kecil namun tak gampang putus. Sambungkan dengan kenur jenis PE kurang lebih sepanjang 4 cm ke kail. Kenur berdiameter kecil dimaksudkan supaya ikan Bawal tidak bisa melihat kenur saat di dalam air. Sementara kenur jenis PE digunakan supaya tak gampang putus saat tercacah gigi tajam ikan Bawal.

Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri