Umpan Jitu Mancing Ikan Baung

Umpan Jitu Mancing Ikan Baung  - Ikan Baung merupakan primadona bagi kalangan pemancing terutama di daerah Palembang dan juga sebagian wilayah Kalimantan. Itu disebabkan sensasi ketika berhasil strike yang cukup menegangkan. Pun ikan jenis yang satu ini terkenal memiliki daging lezat terlebih jika dimasak pindang atau dipepes. Harga ikan Baung termasuk agak mahal. Umpan jitu mancing ikan Baung yang sangat populer di Palembang adalah Kucur. Umpan ikan Baung ini diramu juga dari ikan Baung yang ditambahkan lemak kambing atau sapi dan dimasukkan juga gumpalan kapas untuk perekat.

umpan jitu mancing ikan gabus,umpan jitu mancing ikan bawal,umpan jitu mancing ikan kakap,mancing ikan baung terbesar,mancing mania ikan baung,mancing ikan baung besar,umpan pancing ikan baung,

Ramuan umpan kemudian dimasukkan plastik rapat dan ditimbun dalam tanah untuk waktu hingga 6 hari. Namun ada juga yang menyimpannya sampai beberapa bulan yang sudah pasti bau yang ditimbulkan sangat menyengat. Aroma busuk itulah yang diduga menarik ikan Baung memangsa umpan. Umpan Kucur kualitas bagus biasanya bau yang ditinggalkan di tangan akan susah hilang hingga beberapa hari. Untuk itu para pemancing disarankan menggunakan kopi bubuk untuk bau yang tertinggal di tangan. Namun saat ini umpan jitu mancing ikan Baung ini sudah bisa dibeli di toko peralatan mancing bagi mereka yang malas membuatnya sendiri.

Mancing ikan Baung menggunakan umpan jenis ini di sungai yang diduga terdapat gerombolan ikan Baung dijamin akan memperoleh hasil tangkapan melimpah. Mari kita mencoba membuat sendiri umpan jitu mancing ikan Baung ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan : daging ikan Baung 1 kilo (namun jika tak tersedia boleh menggunakan ikan Patin sungai), telur ayam kampung 2 butir, gajih kambing cair 250 ml (bisa diganti gajih sapi atau kerbau mana yang mudah), bumbu-bumbu yang biasa digunakan untuk rendang, kapas atau kapuk.

Cara membuatnya, pertama daging ikan Baung dipisahkan dari tulangnya dan digiling untuk kemudian dibusukkan dengan cara ditanam ke dalam tanah. Atau bisa juga ditimbun dulu ke dalam tanah dan setelah beberapa hari baru diambil dan dipisahkan daging dengan tulang. Daging yang telah membusuk kemudian ditambahkan bumbu rendang dan aduk hingga rata. Masukkan telur dalam adonan dan aduk-aduk lagi. Tambahkan sedikit dengan sedikit gajih cair sambil diaduk-aduk. Terakhir masukkan kapas atau kapuk. Tuangkan adonan ke dalam plastik dan tutup rapat menggunakan karet gelang. Sesudah 6 hari ramuan baru dapat digunakan namun semakin lama akan semakin baik.

Kecuali menggunakan umpan Kucur, Ikan Baung pun umumnya menggemari cacing tanah dengan ukuran besar yang sering dinamakan cacing kalung. Cacing jenis cukup alot dengan begitu akan awet ketika dipasang sebagai umpan di dalam air kendati kerap dimangsa ikan-ikan kecil diantaranya ikan Kating dan masih menyisakan banyak untuk ikan Baung. Selamat memburu Strike!

Umpan Jitu Mancing Ikan Baung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri